Jumat, 10 Juni 2011

Roh Kudus Menjadikan ku SaksiNya (Kis 2 :1-8)

Jemaat yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, seringkali kita sebagai orang Kristen menganggap bahwa orang yang bersaksi hanya dilakukan oleh golongan tertentu dan cenderung dinilai secara negative, mungkin karena penyimpangan yang dilakukan oleh Sekte tertentu. Padahal Tuhan Yesus menyatakan kepada semua Pengikut Kristus adalah Saksi Kristus (Kis. 1:8). Itu sebabnya melalui Perayaan Pesta Pentakosta HKBP mengarahkan topik minggu menjadi saksi Kristus (Kis. 2:4)
Menjadi seorang saksi Kristus tentunya harus mengetahui siapa dan apa yang dilakukan Yesus Kristus di dunia ini. Itu sebabnya Tuhan Yesus menyuruh para muridNya untuk tinggal di Yerusalem sampai mereka diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi (kis. 1:4). Pesta Pentakosta dalam Gereja Perjanjian Baru adalah suatu pesta sukacita karena saat itulah Roh Kudus di curahkan sehingga saat itulah para murid Kristus dipenuhi oleh Roh Kudus.
Maka jika minggu ini gereja merayakan Pesta Pentakosta, itu berarti gereja harus terus menyaksikan Kristus sebab memang untuk itulah tugas gereja melakukan pesan amanat Agung Tuhan Yesus Kristus pada waktu Dia kembali ke surge yaitu agar semua bangsa menjadi muridNya.
Bersaksi bagi Kristus bukan suatu pilihan bagi orang Kristen, suka atau tidak suka, mau atau tidak mau dalam keadaan aman, tentram atau saat penganiayaan, sebagai orang terpelajar atau tidak terpelajar, sebagai orang kaya atau miskin, bahkan sebagai Parhalado atau jemaat biasa; artinya menjadi saksi Kristus adalah suatu tugas kepercayaan yang diberikan Kristus kepada setiap orang yang percaya (murid Kristus).
Melalui Pesta Pentakosta ini marilah kita bersukacita mengingat bahwa Roh Kudus telah diberikan kepada kita yang telah percaya kepada Tuhan Yesus Kristus agar kita memiliki keberanian untuk menyaksikan tentang siapa dan apa yang dilakukan Yesus Kristus bagi dunia ini.
Roh Kudus juga sering digambarkan sebagai lidah-lidah seperti nyala api (ay.3) karena Ia berfungsi untuk menyucikan/menguduskan kita, karena itu orang yang dipenuhi Roh Kudus menampakan perubahan hidup yang semakin menyerupai Kristus yang adalah Tuhan dan Jeruselamatnya. Karena itu sebagai orang yang telah dipenuhi Roh Kudus jangan ragu untuk menyaksikan kebesaran Allah di dalam pribadi Yesus Kristus agar bertambah bilangan orang yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus.
Roh Kudus yang dicurahkan membawa dampak kesatuan sehingga sekalipun para Rasul/murid Tuhan Yesus yang adalah orang Galilea dapat berbicara kepada segala suku bangsa yang berhimpun di Yerusalem saat itu, hal ini membuat kita sebagai murid Tuhan Yesus yang telah dipenuhi oleh Roh Kudus dapat saling memahami dan melalui kesatuan inilah yang menjadi potensi untuk mengemban tugas Agung dari Tuhan Yesus Kristus untuk mencapai dunia ini seperti pepatah “Bersatu kita teguh, bercerai kita Runtuh”. Walaupun kita memiliki denominasi gereja, marilah kita bersatu mengemban tugas menjadi saksi Kristus yang handal. Selamat Hari Pentakosta : Berpacu dalam Mega Proyek Ilahi sampai Maranatha.

1 komentar:

YANG TERSEMBUNYI mengatakan...

Salam nama Yesus

Bolehkah kami bertanya..?? kalo boleh terima kasih..
Kami hanya ingin bertanya..Apakah ROH KUDUS yang turun saat Pentakosta sama dengan ROH KUDUS yang turun saat YESUS dipermandikan oleh YOHANES PEMBAPTIS..???
Jika berbeda ...bisakah diberitahukan dimana perbedaannya..??
sekian dan terima kasih

Salam
Sahata Butarbutar

Posting Komentar