Jumat, 17 Juni 2011

Apa itu EE?

EE adalah singkatan dari Evangelism Explosion dalam bahasa Indonesia di terjemahkan Ledakan Penginjilan. EE dimulai dari Pdt. Dr. James Kennedy tahun 1962 di Florida Amerika Serikat. Saat ini telah hadir di 212 negara, bahkan ada di Negara-negara yang menurut kacamata manusia sulit di tembus dengan injil seperti Negara-negara komunis dan Timur tengah.
Untuk apa ada EE?
EE hadir untuk memuliakan Allah dengan cara memperlengkapi gereja-gereja local diseluruh dunia untuk melipatgandakan melalui : PERSAHABATAN, PENGINJILAN, PEMURIDAN DAN PERTUMBUHAN GEREJA YANG SEHAT.
Persahabatan                         ==> Mencari dan selalu membangun persahabatan sebagai jembatan untuk injil kepada siapa saja, kapan saja dan dimana saja.
Penginjilan          ==> Dilakukan setelah berhasil membina persahabatan dan mengkomunikasikan injil secara pribadi dengan alami, efektif serta meminimalkan perdebatan.
Pemuridan                                ==> Orang yang baru percaya agara dapat dewasa secara rohani, bertanggungjawab dan dapat melipatgandakan imannya.
Pertumbuhan Gereja yang Sehat   ==> Demikianlah yang dilakukan gereja mula-mula, mereka bertumbuh dalam pengejaran melalui persekutuan yang harmonis.
Tujuan Pelatihan Ledakan Penginjilan (EE).
A. A. Membekali setiap orang untuk memberitakan injil secara efektif kepada seseorang yang Kristen dan yang belum Kristen.
B.  B. Menjadikan bersaksi sebagai gaya hidup.
Bersaksi bukan sekedar membawa orang ke gereja tetapi yang dimaksud adalah menyampaikan injil secara pribadi dengan mempergunakan setiap kesempatan yang Tuhan berikan untuk menceritakan injil (berita keselamatan kepada orang lain).
Mengapa setiap orang harus memberitakan injil?
1. 1. Karena perintah Yesus Kristus yang pertama dalam Markus 1 : 17 “Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." Dan perintah Kristus yang terakhir Matius 28 : 19-20 “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, ; dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."
2. 2. Keselamatan hanya ada didalam Kristus dan orang-orang diluar Kristus adalah merupakan tanggungjawab orang yang sudah percaya kepada Kristus untuk menyampaikan kebenaran tersebut. Yohanes 14 : 6 “Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." Dan Kisah Para Rasul 4 : 12 “Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.”
3. 3. Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan, member hidup dan menghidupkan. Semua akar permasalahan manusia adalah keterpisahan dengan Allah karena dosa. Sehingga injil merupakan kebutuhan utama bagi setiap orang yang terhilang, terikat, terbelenggu oleh dosa, iblis dan keinginan dunia. Roma 1 : 16 “Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani”
4.  4. Penginjilan merupakan focus / inti pelayanan Kristen, bukan hanya sekedar pelayanan kasih / sosial. Banyak orang berdalih “saya bersaksi melalui cara hidup”, itu baik dan harus tetapi tidak cukup sampai disitu. Karena keyakina lain pun dapat melakukan hal yang sama, bahkan lebih baik. Sedangkan iman timbul dari pendengaran akan firman Tuhan. Jadi injil itu harus tetap diberitakan. Roma 10 : 13, 15, 17 “Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan. ; Dan bagaimana mereka dapat memberitakan-Nya, jika mereka tidak diutus? Seperti ada tertulis: "Betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik! ; Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.”
5. 5. Keadaan dunia seperti ladang yang sudah menguning dan harus segera dituai. Ini berarti waktu dan kesempatan untuk menuai sangat terbatas. Oleh karena itu tidak bias di undur atau di tunda. Harus dikerjakan dengan segera! Demikian penginjilan merupakan kebutuhan yang mendesak (pekerjaan banyak dan waktu terbatas, dan pekerja sedikit) dan membutuhkan keterlibatan setiap orang yang berani bayar harga. Yohanes 4 : 35 “Bukankah kamu mengatakan: Empat bulan lagi tibalah musim menuai? Tetapi Aku berkata kepadamu: Lihatlah sekelilingmu dan pandanglah ladang-ladang yang sudah menguning dan matang untuk dituai”. Dan Matius 9 : 36 – 38 “Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala. ; Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. ; Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.”
Mengapa banyak orang Kristen tidak bersaksi?
1.  1. Beberapa dalih pada umumnya ada dalam pemahaman orang Kristen/jemaat : bersaksi adalah tugas pendeta, pelayan tahbisan gereja, saya bersaksi melalui hidup saya,  saya tidak memiliki karunia penginjilan, saya tidak mempunyai waktu.
2.   2. Takut akan tanggapan yang belum diketahui : takut gagal, dimarahi, menyinggung orang lain, ditolak, dll.
3.   3. Tidak tau bagaimana cara menginjil : dari mana memulai, mengapa, bagaimana, untuk apa, kepada siapa, dan kemana?
*karena itu kita akan diperlengkapi agar terbebas dari rasa takut sehingga dapat memberitakan injil secara efektif dan efisien bahkan memperlengkapi orang lain unuk melakukan hal-hal yang sama.


Karena itu HKBP Sukajadi akan memperlengkapi pelayan dan warga gereja untuk pelatihan EE, DOAKAN DAN IKUTLAH :

Pelatihan ini akan diadakan :

Hari/tanggal       :    Senin, 27 Juni 2011 - 15 Agustus 2011
                                   (8 kali pertemuan = 24 Sesion)
Waktu                  :    18.00 WIB – 22.00 WIB
Tempat                :     Aula HKBP Sukajadi
                                   Jl. KHA. Dahlan No. 80 Sukajadi, Pekanbaru
Kontak Person :     St. P. Panggabean (081365222638)
St. G. Hutasoit (081378770403)
Pdt. E. D. Nainggolan (081376882655)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

syalom...
jadikan bersaksi sebagai gaya hidup.
??

Posting Komentar