Sabtu, 04 Juni 2011

RENUNGAN MINGGU EXAUDI, 05 JUNI 2011 "YESUS ADALAH AIR KEHIDUPAN" (Yohannes 7 : 37 – 38)


AIR adalah salah satu kebutuhan pokok makhluk hidup. Tanpa air makhluk hidup tidak akan dapat bertahan hidup, dia akan segera mati. Menurut sumber, tubuh manusia terdiri dari   65 - 70%  air, tanaman musiman 90% dan ternak 60%. Jumlah yang tergolong banyak!
Yesus mengetahui kebutuhan yang sangat vital  ini, yang selalu dicari, dirindukan oleh orang yang datang pada hari terakhir Pesta perayaan hari raya Pondok Daun (pesta untuk mengenang perjalanan bangsa Israel keluar dari perbudakan Mesir). Dalam perjalanan di padang gurun, mereka mengalami kesulitan air, sehingga mereka bersungut-sungut kepada Tuhan Allah lalu Tuhan mengeluarkan air dari batu. Dalam perayaan Pondok Daun, mereka melakukan upacara air untuk  memohon kepada Tuhan supaya diturunkan hujan. Orang Yahudi mempercayai air dapat melepas dahaga, sehingga Yesus berkata: ”Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum! Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup.” Dengan ucapan tersebut, sesungguhnya Yesus ingin mengubah pola pikir mereka. Air yang mereka pakai itu hanya bersifat sementara(kebuthan fisik). Mereka akan merasa haus lagi. Air tersebut tidak mampu memuaskan rohani (partondionnasida). Yesus memanggil mereka untuk menerima air kehidupan. Air yang akan memuaskan baik  secara tubuh pun rohani, yaitu Yesus sendiri.
Hidup manusia tidak pernah puas (Amsal 30:15-16). Terpenuhi satu keinginan maka akan muncul keinginan yang lain dan seterusnya. Terkadang kurang mengindahkan kebenaran didalam tindakannya, yang penting ’dapat’ sesuai dengan keinginan.
Dalam kelelahan kita sebagai manusia, diminggu Exaudi ini nats ini mengajak kita untuk berdoa: Dengarlah, TUHAN, seruan yang kusampaikan (Mazmur 27:7). Batapa ’Baik’nya Yesus  yang ingin mengarahkan hidup kita, memfokuskan apa yang sesungguhnya kita cari? Orang yang datang kepada Yesus, mempercayai dan mau melakukan FirmanNya, akan menjadi buah yang manis terhadap lingkungannya (Mazmur 1:3). Yesuslah air hidup kita, Dia sanggup melepaskan kepenatanmu, kelelahanmu, penderitaanmu, penyakit dan pergumulanmu serta menghapus air matamu bahkan segala kerinduan hatimu. Datang kepadaNya menerima secara ’gratis’ (Yesaya 55:1) Sebab itu, terimalah Dia yang akan terus mengaliri hidupmu sehingga kita akan menikamati sukacita berada didalamNya, amin!
                                                                                                                                         


                                                                                    Diakonessantariapangaribuan@yahoo.co.id

0 komentar:

Posting Komentar